Overhundred’s Weblog

Teh, Solusi Hidup Sehat Saat Krisis

Posted on: September 16, 2008

Teh merupakan minuman sehat yang telah terkenal sejak sekitar 5.000 tahun lalu di negeri Cina.

Pada awalnya, trertulis dalam suatu riwayat di Cina ketika itu ke dalam cawan air panas Kaisar Shen Nung yang sedang bersantai di kebun istana jatuh beberapa pucuk daun teh. dan tak lama sang Kaisar menyadari adanya perbedaan rasa pada air tersebut. dikisahkan setelah kejadian tesebut ia berani merekomendasikan teh memiliki unsur penyembuhan beragam penyakit, seperti ginjal, demam, infeksi dan tumor kepala.

Resep Kaisar itu sepertinya terlalu berlebihan. namun para peneliti di bidang kesehatan kin mampu membuktikan khasiat sehat teh yang dapat memberikan daya kekebalan tubuh untuk melawan berbagai penyakit serta memperpanjang usia. Dr John Weisburger, anggota senior The American Health Foundation, Valhalla, New York, menyatakan komponen-komponen dalam teh membantu menurunkan beberapa resiko penyakit kronis utama seperti stroke, serangan jantung dan kanker.

RAMUAN ABAD SILAM

Seiring kemajuan peradaban manusia, teh pun dianggap sebagai ramuan obat ajaib. Seribu tahun lalu para pendeta Budha tak pernah lupa membuat teh sebelum melakukan meditasi agar selalu terjaga. kini diketahui kandungan kafein setengah dari kopi.
Dalam perkembangannya di Eropa, orang Belandalah yang pertama kali menyebarkan teh dari negeri Cina pada abad ke 17. Saat itu teh banyak dijual di toko para sinshe, cikal bakal apotik saat ini. Dokter Nikolas Tulp dalam tulisannya Observation Medicae tahun 1641 menyatakan peminum teh akan terbebas dari segala macam penyakit dan akan memberi usia amat lanjut.

KHASIAT TEH

Teh merupakan tanaman daerah tropis dan subtropis yang secara ilmiah dikenal sebagai Camellia sinensis. Dari 3.000 jenis yang ada pada prinsipnya teh berasal dari satu jenis tanaman dengan hasil perkawinan silangnya. setelah daun teh dipanen, kemudian teh diproses menjadi tiga jenis, yaitu teh hijau, teh oolong dan teh htam.

lebih dari tiga per empat teh dunia diolah menjadi teh hitam, slaah satu jenis teh paling digemari di Amerika, Eropa dan Indonesia. Cara pengolahannya, daun dirajang dan dijemur di bawah panas matahari sehingga mengalami perubahan kimiawi sebelum dikeringkan. perlakuan tersebut akan menyebabkan warna daun menjadi cokelat dan memberi cita rasa teh hitam yang khas.
teh hijau, jenis teh tertua amat disukai terutama di Jepang dan Cina. di sini daun teh mengalami sedikit proses pengolahan, hanya pemanasan dan pengeringa sehingga warna hijau daun dapat dipertahankan. sedang teh oolong lebih merupakan peralihan antara teh hijau dan teh hitam.
ketiga jenis teh masing-masing memiliki khasiat kesehatan karena mengandung ikatan biokomia yang disebut polyfenol, termasuk didalamnya flavonoid. flavonoid merupakan suatu kelompokĀ  antioksidan yang secara alamiah ada dalam sayur-sayuran, buah-buahan dan minuman seperti teh dan anggur.
subklas polivenol meliputi flavonol, flavon, flavanon, antioksianidin, katekin dan biflavan. turunan dari katekin seperti epi-katekin (EC), epi-galo-katekin (EGC), epigao-katekin-galat (EGCg) dan quercetin umumnya ditemukan di dalam teh. EGCg dan quercetin merupakan antioksidan kuat dengan kekuatan hingga 4-5 kali lebih tinggi dibanding vitamin E dan C yang jug merupakan antiokidan potensial.

EMPAT CANGKIR SEHARI

Berapa banyak teh dibutuhkan agar bermanfaat untuk kesehatan??
Dalam studi yang dilakukan peneliti di Belanda disebutkan, mengkonsumsi 4-5 cangkir teh hitam per hari dapat menurunkan hingga 70% resiko terkena stroke dibanding mereka yang mengkonsumsi 2 cangkir atau kurang. laporan lainnya menyebutkan lebih banyak mengkonsumsi teh hitam berhubungan dengan rendahnya kasus serangan jantung.
namun untuk pencegahan kanker diperlukan kiran-kira 10 cangkir teh hijau setiap harinya. agar diperoleh manfaat berlipat ganda, mengkonsumsi teh bersamaan dengan banyak buah-buahan dan sayuran merupakan cara praktis dan murah menurunkan resiko beberapa penyakit kanker.

para ahli juga belum merasa yakin menyeduh teh dengan mencampur lemon atau susu ke dalamnya, seperti tradisi yang dilakukan orang Inggris, akan membuat khasiat teh berkurang, untuk menghindari keraguan tersebut sebaiknya seduhan teh diminum langsung. dan meneguk segelas teh es ternyata sama khasiatnya dengan minum segelas teh hangat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Lilypie 2nd Birthday Ticker

tanggalan

September 2008
M T W T F S S
    Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Categories

Archives

%d bloggers like this: