Overhundred’s Weblog

10 tabu orang kaya

Posted on: September 23, 2008

1. Pinjam duit kepada Bank dengan bunga 48% setahun

Saat ini pinjam duit dari Bank gampang banget. Hampir setiap sepekan sekali ada telepon masuk menawarkan pinjaman tanpa agunan. Cukup kirim fotokopy KTP. Ambil saja karena Anda akan dicekik sampai kering dengan bunga 48% setahun. Artinya, kalau Anda pinjam 10 juta, maka total uang yang harus Anda bayar kembali ke Bank dalam setahun adalah 14,8 juta. Kalau molor jadi dua tahun tentu bunganya akan lebih tinggi lagi.

2. Kumpulkan kartu kredit banyak-banyak, lalu belanjakan.

Hampir sama seperti diatas, sekarang pun seserang bisa dengan mudah minta kartu kredit tambahan. Memang kartu kredit perlu, apalagi kalau Anda sering berpegian ke luar negeri. Tapi ingat, semua itu ada harganya. Setidaknya iuran tahunannya harus dibayar. Dan bunga untuk setiap pinjaman yang ditunda pembayarannya bisa mencapai 4% sebulannya. Cara paling mudah bikin miskin adalah dengan membayar tagihan minimal saja. Pokok utang akan menggelembung dan biasanya tidak pernah bisa dilunasi.

3. Ngemplang utang

Ini kedengarannya seperti pemecahan yang baik. Tapi, syang sekali database semua Bank kini sudah saling menyatu. Seseorang yang minjam tanpa mengembalikan utang beserta bunganya akan disambut dengan pintu tertutup di Bank lainnya. Giliran Anda butuh, rasain lo !

4. Minjam duit sama teman

Kedengarannya sih mulia. Tapi sekali pinjaman gagal diangsur atau malah melarikan diri, nama mulia kamu rusak seantero dunia persilatan. Masa depan kamu gelap. Mau ngelamar kerja ditolak, minjam duit dikasih bantingan pintu, mau ngelamar anak orang diludahin. Hati-hati, bro!

5. Menjadikan uang tujuan hidup

Ini juga sama buruknya. Semua diukur dari uang, uang dan uang. Persahabatan memiliki sisi-sisi humanis yang tidak semuanya bisa diukur dengan uang. Tetangga yang dengan ikhlas datang membantu saat punya hajatan atau kena musibah tidak bisa diukur dengan uang.

6. Menunda menabung dan investasi

Umur 30 tahun ? Saatnya menabung dan investasi untuk pensiun. Terlalu muda ? Jangan sampai menyesal kawan. Umur 30 tahun sudah saatnya memikirkan usia tahun. Cuma tersisa paling-paling 20 tahun lagi sebelum pensiun, dengan asumsi tidak ada pemecatan atau PHK di tengah jalan. Kalau bisa meanbung katakanlah rata-rata Rp. 50 juta / tahun selama 20 tahun maka di akhir karir Anda bisa mendapatkan sekitar Rp. 1 milyar. Tapi kalau dipotong inflasi sebesar 10% setahun maka pada masa itu uang Rp. 1 milyar setara dengan uang Rp. 120 juta hari ini. Bisa buat apa uang segitu? Katakanlah belanja makan Rp. 3 juta sebulan, maka duit tadi habis dipakai untuk hidup selama 40 bulan atau kira-kira 3 tahun lebih. Tapi minus jalan-jalan dan jajan. Jadi kesimpulannya, selepas usia 53 tahun, Anda kemungkinan besar harus mengemis ke anak-anak atau cucu-cucu supaya bisa makan. AMIT-AMIT deh..!

7. Gatal belanja

Ini juga salah satu cara termudah memiskinkan diri sendiri. Pergilah belanja ketika lagi suntuk, marah dan bosan, maka banyak banget barang-barang yang bakal kita beli, tanpa kita sadari gunanya. Pada akhirnya, nanti bertumpuk di gudang. Sebelum pergi belanja, siapkan catatan barang yang hendak dibeli, atau tunda satu hari sampai nafsu belanja turun sendiri.

8. Gak bisa liat papan diskon

Kalau kita tidak pernah tahu harga asli suatu barang, jangan gatal lihat papan diskon 50%. Pedagang selalu punya 1001 cara untuk merangsang kamu membeli. Trk lainnya msalnya ; “ Beli satu dapat dua “. Atau “ Beli dua dapat tiga “ . Apakah ia jual rugi ? Gak bakallah. Mana ada pedagang jual rugi ? Menjauhlah dari papan pengumuman seperti itu.

9.  Terburu-buru belanja

Selalu cek harga termurah di toko sebelah, jangan terburu-buru bernafsu menutup suatu transaksi karena takut kehabisan. Sebelum pergi ke suatu took, berselancar dulu di internet, cek harga-harganya. Datangi toko yang menawarkan harga termurah. Anda akan takjub melihat selisih yang bisa dihemat dalam setahun.

10.  Self-fulfiling prophecy

Mengasihani diri sendiri. Kalau Anda terus menerus merasa jadi manusia paling malang di bum, maka harapan itu terwujud kemudian hari. Itu yang namanya self-fulfiling prophecy. Demikian juga kalau merasa seluruh dunia memusuhi Anda, maka hidup akan tetap begini terus sampai 10 tahun ke depan. Anda tidak akan pergi ke mana-mana.

1 Response to "10 tabu orang kaya"

iiich ngeri juga ngebayanginnya, makasih ya atas tipsnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Lilypie 2nd Birthday Ticker

tanggalan

September 2008
M T W T F S S
    Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Categories

Archives

%d bloggers like this: