Overhundred’s Weblog

AGAR OTAK TETAP CESPLENG

Posted on: September 23, 2008


Dengan bertambahnya usia, fungsi syaraf otak harus dijaga. Caranya tetap lakukan aktivitas fisik dan otak. Yang tak kalah pentig adala nutrisi untuk otak.

Menjadi pelupa merupakan gejala awal kepikunan (demensia). Ada demensia degeneratif (penuaan) yang disebut Alzheimer ; demensia karena gangguan pembuluh darah, serta campuran keduanya. Terbanyak demensia Alzheimer (50-60%) dan demensia akibat gangguan pembuluh darah 10-20%. Sejumlah penelitian menyimpulkan, demensia umumnya terjadi pada usia 60+ tahun. Demensia disebabkan oleh penyakit organik di otak, karena degenerasi sel-sel saraf. Gejala demensia dapat berupa kemunduran kemampuan intelektual, gangguan memori, sulit menyebut nama orang atau benda, tidak mampu mengenali sesuatu dan emosi.

Nutrisi Otak

Ada teori hiperhomosisteinemia (peningkatan kadr homosistein dalam darah), sebagai penyeba demensia. Kondisi ini mempengaruhi karsinogenesis (pembentukan karsinogen / substansi pemicu kanker) dengan berkurangnya DNA dalam jaringan tertentu. Hiperhomosisteinemia berkaitan dengan rendahnya konsentrasi vitamin B3 (niasin), B12, B6 dan B9 (asam folat) dalam darah. Penelitian Kaplan dll (2002) menunjukkan kemampuan kognitif lansia dapat ditingkatkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat, protein dan lemak, yang merupakan komponen nutrisi otak.

Studi Bran dkk (2002) menunjukkan hubungan signifikan antara pemberian suplemen asam folat, Vitamin B12 dan Vitamin B6 dengan kemampuan mengingat wanita dari berbagai kelompok umur. Penelitian Karger dan Basel (2003) menyatakan, terjadi perbaikan fungsi blood brain barrier dan normalisasi kadar homosistein, lewat dosis tinggi Vitamin B12, B6 dan asam folat selama 270 hari pada 30 pasien yang mengalami kerusakan kognitif dan peningkatan kadar homosistein dalam darah.

Vitamin B3, B6, asam folat dan B12

Untuk beraktivitas, otak perlu energi berupa glukosa. Glukosa terutama diperoleh dari sirkulasi darah otak. Agar nutrisi tersebut berfungsi, tubuh melakukan metabolisme, yang terkait dengan keberadaan vitamin sebagai kofaktor enzim-enzim pemetabolisme.

Vitamin B3 penting untuk sirkulasi darah dan kesehatan kulit. Defisiensi (kekurangan) niasin dikenal dengan 3D syndrome (dermatitis, diare, demensia) umum terjadi. Defisiensi niasin dapat menyebabkan depresi, kecemasan, mania, defisit memori dan dapat berlanjut menjadi demensia.

Vitamin B6 menjaga kesehatan darah, kulit dan system saraf. Sebagai kofaktor enzim, viamin B6 penting untuk absorbsi lemak dan protein. Kurang vitamin B6 dapat menyebabkan depresi, sensitive terhadap suara dan mudah iritasi. Namun penggunaan dalam waktu lama (1000mg/hari) dapat merusak saraf.

Asam folat, vitamin B6, B12 dan metionin berperan dalam metilasi biologis dan pemeliharaan folat intraseluler untuk sintesis DNA. Asam folat dan vitamin B12 berfungsi sebagai donor metil yang penting bagi neurotransmitter (saraf penghatar) penyusun otak.

Defisiensi asam folat menyebabkan mudah lupa, insomnia dan depresi serta demensia. Defisiensi vitamin B12 menimbulkan depresi, kecemasan, penurunan daya ingat, paronia, halusinasi dan demensia. Konsumsi asam folat harus disertai vitamin B12, karena keduanya saling bekerja sama.

Bila tidak ada lagi pekerjaan atau rutinitas, otak ikut istirahat. Akibatnya, banyak orang usia 60-an, khususnya para pensiunan, menunjukkan gejala demensia. Agar tidak pikun, otak harus tetap bekerja. Mengisi TTS atau menyusun puzzle bisa mengasah otak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Lilypie 2nd Birthday Ticker

tanggalan

September 2008
M T W T F S S
    Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Categories

Archives

%d bloggers like this: