Overhundred’s Weblog

MUDA FOYA-FOYA – TUA KAYA RAYA – MATI MASUK SURGA

Posted on: September 23, 2008

Kecuali kekayaan orang tuamu Rp. 200 Milyar, jangan santai dulu lah! Lu mau kerja sampai usia 65-70 tahun? Usia itu harusnya diisi keliling dunia bareng pasangan, bukan dimaki-maki manajer yang usianya lebih muda 20 tahun. Berikut tips untuk mempersiapkan pensiun agar tetap kaya raya saat aki-nini, danga perlu korupsi, jadi saat mati tetap masuk surga.

STEP 1 ; KAPAN PENSIUN ??

Berapa ? 50 tahun ? 55 tahun?? Kebanyakan perusahaan swasta di Indonesia menerapkan usia pensiun 55 tahun. Tahu gak alasannya ? Waktu kamu usia 55 tahuh, gaji kamu udah kelewat gede. Perusahaan tidak menemukan alas an untuk memecat kamu di tahun-tahun sebelumnya. Jadi kalau kamu sampai pensiun di usia 60 tahun, CEO bisa frustasi mikirin gaji kamu yang segede gajah. Let’s say 55 tahun. Nak, katakanlah kamu sekarang 35 tahun, itu berarti hanya tersisa 20 tahun lagi buat ngumpulin duit.

STEP 2 ; KAPAN MATI ??

Kecuali kamu berencana bunuh diri untuk mendapatkan uang pertanggungan asuransi jiwa, maka umumnya umur harapan hidup orang Indonesia adalah 68 tahun buat lelaki, dan 72 tahun buat cewek. Karena kamu suka makan yang enak-enak di mal, biasanya umurnya lebih pendek lagi. Tapi cukup fair kalau kita tetapkan 70 tahun. Let’s pray gak ada penyakit serius muncul di tengah jalan gara-gara polusi dan kemacetan parah ibukota yang bikin jantung kerja keras.

Ini menentukan jumlah uang yang harus dikumpulkan. Mati di usia 70 tahun berarti ada sisa 15 tahun sesudah pensiun yang mesti dicukupkan dari tabungan dan hasil investasi kita. Malu dong minta-minta duit ama anak. Apalagi cucu kita juga sudah mulai minta hadiah ulang tahun dan hadiah kenaikan kelas.

STEP 3 ; GAYA HIDUP ABIS PENSIUN

Apa kamu mau tetap dugem sehabis pensiun di usi 55 tahun ? Atau pindah ke Jogja agar tetap bisa makan dengan ongkos Rp. 3.000,- sekali makan ? Komponen ini menentukan jumlah uang yang harus dikumpulkan. Katakanlah pada masa itu kamu tetap tinggal di pinggiran Jakarta, tetap nyetir mobil, punya rumah sendiri, masak sendiri, bayar asuransi kesehatan, dan sebagainya, maka minimal Rp. 5.000.000,- dibutuhkan setiap bulannya.

Ingat lho. Purchasing dui Rp. 5 juta saat ini tidak akan sama dengan apa yang dibeli oleh uang Rp. 5 juta pada 20 tahun lagi. Dengan tingkat inflasi gila sebesar 10% per tahun di negara tercinta yang dikelola serba ragu ini maka pada tahun 2028 bukan 20×10% = 200%, karena ada factor 10% setiap tahunnya yang masuk dalam komponen inflasi tahun berikutnya. Semacam berbunga-bunga. Begitu terus kumulatif selama 20 tahun. Hasilnya adalah 673%. Dah percaya saja, serahkan sama ahlinya.

Dengan inflasi kumulatif 673%, kemungkinan besar di tahun 2028 sudah ada pecahan duit kertas Rp. 1.000.000,- dan abang tukang parker maunya terima duit Rp. 20.000,- an. Nah, duit Rp. 33,65 juta tadi dikalikan dengan 12 bulan, dikalikan lagi dengan sisa usia 15 tahun sampai malaikat maut datang menjemput, dapat angka Rp. 6.057.000.000,-. Hah 6 M man !! Stress, stress, stress.. !!

STEP 4 ; CELENGAN

Dengan kebutuhan duit pension sekitar Rp 6 Milyar, maka selama 20 tahun kerja kita mesti bisa menyisihkan uang sebesar Rp. 300.000.000,- setahunnya alias Rp 25 juta sebulan masuk celengan kita. Bisa gak?? Kalau gak bisa maka lanjut ke step berikutnya.

STEP 5 ; INVESTASI

Kalau menyisihkan uang Rp. 25 juta sebulan gak bisa maka berusaha nabung di bank dengan duit lebih kecil jelas ga mungkin ngejar. Saat ini saja bunga deposito hanya berkisar 5-8%. Tabungan lebih menyedihkan lagi. Belum lagi pajaknya. Cabut saja tuh semua tabungan di bank. Pindahin ke tempat lain. Kamu mesti cari investasi yang bisa mengejar rampok sialan berbaju seragam Negara bernama inflasi itu. Atau dengan kata lain, investasi itu harus bisa ngaih return sebesar minimal 700% dalam 20 tahun. Pikirin deh, apakah itu reksadana yang bisa ngasih 20% setahun. Atau main di pasar saham, hati-hati karena sudah mau masuk tahun curam. Atau beli tanah di lokasi yang agak strategis. Atau mendirikan usaha yang bisa memberikan return ajek sebesar 20% setahunnya.

Hitung-hitungan sederhana menghasilkan kalkulasi sebagai berikut. Kalau kita berhasil menyisihkan uang Rp. 15 juta sebulan atau Rp. 180 juta setahun, dan melipatgandakannya – entah dengan cara apa – secara konstan sebesar rata-rata 20% setahun, dengan prinsip roll over, tanpa mengambil marginnya, maka kita akan mendapatkan uang sebesar Rp. 6.900.767.986,- di akhir tahun ke-20. Cukup kan buat pensiun ??

STEP 6 ; NO DUGEM LAGI

Kalau menyisihkan RP. 15 juta sebulan juga tidak bisa maka itu berarti keadaan darurat dan kamu mesti segera melakukan salah satu dari langkah-langkah berikut ini :

  1. STOP DUGEM, or you die
  2. KERJA SAMBILAN (praktis gak bisa dugemlah) yang memberi kamu penghasilan tambahan sebesar Rp. 15 juta sebulan
  3. KALAU DAPAT THR atau bonus, sisihkan segera untuk rencana pensiun. Jangan malah dipakai bagi-bagi amplop di kampong
  4. KURANGI GAYA HIDUP PAMER. Tetangga beli mobil baru ? Biarin aja. Dia mungkin belum dicerahkan dengan rencana pensiun ini. Siapa yang tertawa senang saat pensiun, dia yang menang
  5. BAYAR LUNAS KARTU KREDIT. Jangan suka bayar minimal. Bank itu drakula yang mencekik leher, minta bunga 48% setahun dari kartu kredit kamu
  6. Cari REKSADANA, TANAH, SAHAM, EMAS, KOMODITI yang bisa melimpahi duit kamu growth minimal 20% secara konstan tiap tahun
  7. SEWA PENASIHAT KEUANGAN untuk membikinkan kamu table Excel soal rencana pensiun, berapa yang mesti dikumpulkan, berapa yang musti diinvestasikan ulang, lama kerja, dan usia pensiun kamu masing-masing
  8. KERJALAH SELAMA MUNGKIN. Kalau bisa lewat dari batas pensiun umumnya, agar lebih banyak lagi uang bisa dikumpulkan
  9. SURUH ISTRI / SUAMI KAMU KERJA. Berdua tentu lebih mudah daripada sendirian, bukan??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Lilypie 2nd Birthday Ticker

tanggalan

September 2008
M T W T F S S
    Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Categories

Archives

%d bloggers like this: