Overhundred’s Weblog

KUNYIt, si kuning multi guna

Posted on: September 28, 2008

Salah satu tumbuhan yang berasal dari Indonesia dan Malaysia serta sudah dimanfaatkan selama ribuan tahun adalah kunyit (Curcuma longa Linn, C domestica Val). Tanaman yang masih satu keluarga dengan jahe ini dalam kehidupan sehari-hari banyak digunakan untuk bumbu masak walaupun ada juga yang menggunakannya sebagaiobat. Sebelum ditemukan pewarna sintetis, kunyit menjadi slah satu bahan pewarna untuk tekstil yang penting nilai ekonomisnya.

Bagian paling berguna dari tumbuhan menahun ini adalah rimpangnya, walaupun daunnya juga sering digunakan sebagai bumbu masakan di berbagai tempat di Indonesia. Tak kurang dari 92 senyawa terdapat pada kunyit, hampir semuanya terdapat pada rimpang kunyit dan senyawa yang memberi warna kuning adalah curcumin.

Meskipun ilmu kedokteran barat sangat berhati-hati dalam menyatakan khasiat suatu tanaman obat dalam mencegah atau mengobati suatu penyakit, namun masyarakat di Asia dan Amerika Latin (Brasilia) sudah menggunakan kunyit dalam pengobatan tradisional untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Belakangan, kunyit dan bahan makanan asal tanaman serta sayuran dan buah-buahan yang selama ini sering kurang diperhatikan manfaatnya untuk kesehatan, mulai mendapat perhatian di Barat. Dalam hal kunyit, disingung bahwa antioksidant pada kunyit mencegah kerusakan asam deoksirbonuleat (senyawa yang menyusun gen) dna memblokir pertumbuhan tumor. Kerusakan pada gen merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya kanker. Antioksidan bekerja dengan menstabilkan radikal bebas (molekul oksigen yang sangat reaktif) dan menghambat kerusakan sel.

Di Brazillia, pengobatan tradsional menggunakan kunyit untuk mengobati disentri, luka, gonore, kolik, cacar,mradang selaput lendir di hidung dan tenggorokan, dan memar.

Di Cina, kunyit dimanfaatkan antara lain untuk mengatasikolik, sakit dipundak, kejang perut karena haid, mengatasi batuk,malaah pencernaan dan radang selaput mata.

Masyarakat Indonesia menggunakan kunyit unutk mengatasi bengkak, demam, radang mata, kosmetika, luka dan borok.

Meskipun kunyit sudah lama sekali dimannfaatkan sebagai obat, namun penelitian secara ilmiah dan menggunakan standar ilmu kedokteran modern baru dimulai sejak tahun 1970-an, terutama di India. PEnelitian-penelitian itu memperkuat apa yang secara tradisional diakui merupakan efek positif kunyit, sekaligus membuka potensi pemanfaatan kunyit lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Lilypie 2nd Birthday Ticker

tanggalan

September 2008
M T W T F S S
    Oct »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Categories

Archives

%d bloggers like this: