Overhundred’s Weblog

PISANG, Buah Murah Penurun Tekanan Darah Tinggi

Posted on: September 16, 2008

Pisang tergolong buah yang murah dan tersedia sepanjang tahun. buah dengan daging lembut berwarna krem tersebut juga mudah dikunyah dan dicerna sehingga merupakan makanan ideal bagi bayi dan kaum lanjut usia. tak mengherankan bila buah itu populer alias dikenali dan digemari oleh banyak orang.di AS ia termasuk buah paling populer karena lebih banyak terjual dibandingkan buah lain.
keunggulan pisang tidak sampai disitu saja. pisang dapat pula dijadikan alternatif obat tradisional untuk hipertensi atau yang dikenal awam dengan istilah tekanan darah tinggi. hipertensi diketahui sebagai faktor resiko utama bagi orang dewasa untuk menderita penyakit-penyakit jantung dan ginjal yang umum serta stroke.
tekanan darah tinggi bisa diturunkan dengan obat-obatan penurun keluaran aktivitas jantung; atau obat-obatan penurun resisensi pembuluh darah perifer, antara lain angiotensin converting enzyme (ACE) inhibitor, yang merupakan obat hipertensi yang digunakan luas.
para ilmuwan india belum lama ini melaporkan hasil penelitian mereka bahwa pisang memiliki senyawa yang menunjukkan reaksi seperti ACE inhibitor.

Cukup dua buah sehari

peneliti-peneliti di India telah melakukan riset terhadap para relawan dari fakultas kedokteran di Manipal, India Selatan. Relawan-relawan tersebut diminta untuk makan pisang dua buah sehari. selama satu minggu tekanan darah mereka turun 10%.
bagaimana hal itu terjadi ? meningkatnya kadar suatu zat yang disebut angiotensin-2 dalam tubuh akan diikuti dengan kenaikan tekanan darah karena angiotensin-2 menyebabkan pembuluh-pembuluh darah mengerut. ACE inhibitor bekerja dengan cara mengekang aksi ACE yang memerintahkan pelepasan angiotensin-2.
para peneliti di atas menemukan khasiat ACE inhibitor pada pisang. mereka pun menemukan, buah yang sudah ranum/matang ternyata mempunyai efek ACE-inhibitor yang lebih besar dibandingkan dengan buah yang masih mentah.
studi India tersebut memperkuat penelitian sebelumnya yang dilakukan ilmuwan-ilmuwan Amerika. riset itu menunjukkan, makanan yang sarat mineral Kalium seperti pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah. kalium dipercaya berfungsi meningkatkan keteraturan denyut jantung, mengaktifkan kontraksi otot dan membantu mengatur tekanan darah.
Pisang memang kaya Kalium, sebaliknya sangat miskia mineral Nataium. Pisang berukuran rata-rata / sedang mengandung Kalium sebesar 440mg dan Natrium hanya 1mg. perbandingan kalium-terhadap-natrium (rasio K:Na) pisang yang jauh lebih besar dari 5:1 justru membuat pisang berdampak positif bagi kesehatan karena rasio K:Na minimal 5:1 adalah rasio K:Na yang baik untuk menjaga kesehatan.

Memilih Pisang

anda menginginkan manfaat pisang yang optimal bagi kesehatan? pilihlah pisang yang kuning tetapi hijau pada ujungnya dan bebas noda hitam, memar atau genjur (gashes). pisang berada pada kadar kemanisan tertinggi saat ia kuning padat-kukuh dan berbintik-bintik cokelat.
ketika pisang mencapai tingkat kemanisan tersebut, ia dapat dimasukkan ke dalam lemari es untuk mencegah pematangan lebih lanjut (terlalu matang). proses pendinginan akan menggelapkan kulit pisang tetapi hal itu tidak bakal mempengaruhi keadaan buah di dalamnya. namun pisang yang terlampau matang pun masih dapat dimanfaatkan pula ; ia dapat dlenyehkan / dipure dan dipakai untuk pembuat roti atau cake.

di era yang serba mahal ini pisang dapat dijadikan alternatif obat hipertensi tradisional yang jelas jauh lebih murah, walaupun mungkin sulit untuk memperoleh dosis persis dari komponen aktifnya. namun, terlepas dari khasiat obatnya, makan pisang berapa pun apalagi minimal dua buah asal teratur tiap hari, tetap bermanfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit. selain merupakan pemasok mineral, seperti Kalium,buah-buahan umumnya adalah sumber vitamin, terutama vitamin C dan beta-karoten (provitamin A) yang andal.

11 Responses to "PISANG, Buah Murah Penurun Tekanan Darah Tinggi"

Terima kasih atas infonya….

Ada beberapa pertanyaan saya soal konsumsi pisang sebagai terapi nonfarmakologi untuk menurunkan tekanan darah.

1. Jenis pisang apa yang dikonsumsi ?

2. Berapa gram pisang tersebut yang dibutuhkan bila dikonsumsi dalam bentuk jus ?

3. Berapa kali seminggu sebaiknya terapi jus pisang itu dilakukan ?

bisa mengkonsumsi smua jenis pisang yang anda sukai. namun biasanya yang umum di pakai adalah pisang ambon karena langsung bisa dimakan dan rasanya pun enak. untuk jumlah, dianjurkan 2 buah pisang dalam sehari. itu pisang yang langsung dimakan. tapi klo untuk di jus, saya juga tidak tau pasti brp. untuk frekuensinya dianjurkan setiap hari. makanya dianjurkan untuk memakan langsung saja buah pisang tersebut krn lebih simple. semoga membantu..

ada nga sayur mayur juga untk penurun tekan darah

mentimun termasuk kategori sayur-mayur bisa dipakai untuk penanganan tekanan darah yang tiba-tiba melonjak. tentunya klo tekanan darah anda terlalu tinggi harus dikombinasi dengan obat-obat penurun tekanan darah dari dokter,

terima kasih atas infonya..

jujur saya sedang ada tugas n saya tertarik mengangkat tema pisang ini..
karena penemuan khasiat pisang ini baru-baru aja,semoga bermanfaat..

Setau saya selain pisang, mentimun juga bisa menurunkan darah tinggi. Mana yg lebih berkhasiat, mohon penjelasannya.

dua-duanya memang berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah. kalo berdasarkan pengalaman saya sehari-hari, parutan 1/2 kg mentimun setiap pagi, siang dan malam lebih berarti dalam menurunkan tekanan darah yang memang sedang tinggi. jadi bisa disimpulkan bahwa, pemanfaatan mentimun untuk penderita yang tiba2 mengalami peningkatan tekanan darah, sementara pemanfaatan pisang lebih kepada tindakan preventif untuk penderita-penderita yang memang telah mengalami penyakit tekanan darah tinggi yang kronis.
semoga bermanfaat penjelasan dari saya.

mw nanya kalo makan pisangnya sehari langsung 2 pisang kira2 keliatan efeknya ditekanan darah setelah berapa lama??trus bs nuruninnya berapa byk? makasih!

oya kl pakenya pisang mas…2 pisang juga sehari pa lebih????(untuk menghasilkan efek yg sama)

selain pisang mentimun jg dpt menurunkan tekanan darah tinggi. mana yang lebih berkhasiat, dan berapa lama kita mengkonsumsi mentimun sehingga efeknya terlihat

Leave a comment

Lilypie 2nd Birthday Ticker

tanggalan

September 2008
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Categories

Archives